Pemdes Kedunggading Meraih Penghargaan Proklim Tingkat Madya

0
34

Kendal, Harianjateng.com- Pemerintah Kabupaten Kendal  menyerahkan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2020 kepada Pemerintah Desa Kedunggading, Kamis (01/04/2021) bertempat di Dusun Tapak Timur Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal.

Dalam kegiatan itu hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, H. Moh Toha, S.T., M.Si mewakili Bupati Kendal Dico Ganinduto, Bsc., Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal Erwin, dan para dinas-dinas terkait, Camat Ringinarum Shobirin serta para camat di Kabupaten Kendal, dan para Kepala Desa di Kecamatan Ringinarum.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala DLH Kendal menyampaikan, bahwa Desa Kedunggading mendapatkan penghargaan Proklim tingkat Madya. “Penghargaan Proklim ini ada 4 tingkatkan yaitu penghargaa Pratama, Madya, Utama, dan Lestari. “Alhamdulilah pada tahun 2020 Desa Kedunggading mendapatkan piagam di tingkat medya, jadi harapannya bisa lebih baik lagi menjadi Proklim Utama,” ujarnya.

Erwin juga mengatakan, dengan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Desa Kedunggading ini desa-desa lain dapat termotivasi untuk ikut mengalakkan program kampung iklim.

Semenatara itu, Kepala Desa Kedunggading, M Budiono mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, terutama kepada Dinas Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kendal yang ikut membina dan berpartisipasi memberikan bantuan stimulan bibit kepada kelompok tani dan kelompok Proklim.

“Proklim ini tidak hanya sebuah lomba tapi merupakan upaya kelompok masyarakat mulai di tingkat Kabupaten hingga tingkat dunia berpartisipasi peduli terhadap lingkungan. Selain itu, dari Proklim inilah kita mengenal apa yang namanya Biopori pengelolaan sampah, dan ketahanan pangan, sehingga kita terus berbenah, tidak hanya berbica soal infrastruktur dan pembangunan secara fisik saja, tapi ini bentuk keseriusan kita bersama-sama peduli dengan persoalan lingkungan,” kata Kepala Desa Kedunggading.

Menurut Budiono, pada kondisi pandemi, ketahanan pangan menjadi program unggulan yang harus digelorakan, untuk itu pihaknya terus menata dan termotivasi, tidak hanya di tingkatan Madiyah tapi akan terus berusaha di tingkatan Utama. “Kepada masyarakat Desa Kedunggading jangan hanya berhenti di Dusun Tapak Timur, tapi kita harus berusaha, insaAllah nantinya ditahun 2021 akan ada embrio Proklim di Dusun Tapak Barat, Dusun Cabean, Dusun Gading dan Dusun Kedungwungu,” ujarnya.

Sementara dalam sambutan Bupati Kendal yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten, H. Moh Toha, S.T., M.Si mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten sangat bangga karena Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal telah mendapatkan beberapa penghargaan Program Kampung lklim (Proklim).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B.Sc mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Desa atau kampung, para penggiat Proklim dan semua pihak atas keberhasilannya meraih prestasi Proklim Tahun 2020 dan membawa nama harum Kabupaten Kendal selama ini,” ujar Sekda Moh Toha membacakan sambutan Bupati Kendal.

Ia juga mengajak semua pihak agar ikut berpartisipasi mengalakkan program kampung iklim di wilayah Kabupaten Kendal. “Marilah kita bersama-sama saling memotivasi untuk berkomitmen dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Kabupaten Kendal dengan Program Kampung Iklim, sehingga kedepan Kendal bisa lebih asri dan tidak terkena pemanasan global,” tutur Sekda Kendal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada penggiat Proklim, dan peninjauan ke lokasi perkebunan Kampung Iklim  oleh Sekda Moh Toha beserta rombongan didampingi Kepala Desa Kedunggading mendapatkan penghargaan M Budiono.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar