Wujud Eksistensi Santri MTs Al-Mu’min di Masa Pandemi

0
10

Temanggung, Harianjateng.com- Tidak seperti biasa, Pelatihan Dakwah Lapangan (PDL) kelas 9 MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara Mandiri atau secara daring (online). Hal ini dilaksanakan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Disebut PDL Mandiri karena para santri-santri melakukan PDL ditempat tinggal masing-masing dan tanpa ditunggui oleh pembimbing. Disebut juga PDL Online karena komunikasi peserta dengan pembimbing, monitoring dan penilaian berbasis online. Santri melaksanakan tugas dakwah di masjid  kampung masing-masing lalu memgirim tugas (uploud)  ke pembimbing.

Tugas mereka di masyarakat cukup variatif mulai dari mengajar ngaji santri TPQ, kultum, kuliah suhub, adzan, bakti sosial, bahkan beberapa peserta mengajar anak-anak di TK dan atau SD/MI. “Mestinya kegiatan ini dilaksanakan di Banjarnegara, namun karena masih pandemi lalu kita pindahkan ke kampung masing-masing. Dengan demikian anak tetap memiliki pengalaman dakwah.” ujar Kepala Madrasah Samsul, M.Pd., Sabtu (9/5/2021).

Menurutnya, kegiatan ini memberi pengalaman ataupun kesan tersendiri untuk seluruh santri kelas 9 MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung karena mereka benar-benar dilepas untuk berdakwah. Juga sebagai salah satu bukti bahwa santri tetap bisa memberikan manfaat (eksis) di tengah masyarakat meski di suasana pandemi.

“Mereka saat PDL mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama menuntut Ilmu di Madrasah dan Pondok pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.

“Kegiatan PDL Mandiri ini menyenangkan, tidak jarang anak-anak TPQ menjemput kami untuk mengisi kegiatan TPQ lebih awal dan enggan pulang setelah usai kegiatan TPQ,” ungkap Mei Aisyah, salah satu peserta PDL Mandiri MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung,” tambah Samsul.

Kegiatan PDL yang diadakan kurang lebih 15 hari ini banyak memberikan dampak positif antara lain dapat mempererat tali persaudaraan, bermanfaat bagi orang lain, melatih mental santri untuk bisa belajar percaya diri dan berlatih berdakwah di depan orang lain. Semoga dengan diadakannya kegiatan PDL ini dapat memberikan banyak manfaat baik siapapun.

Red-HJ99/ Anggita Pradhina Anggraini

Tinggalkan Komentar