Lazis NU Sarirejo ZIS Salurkan Bantuan Uang Rp 300 Juta

0
5

Kendal, Harianjateng.com- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Sarirejo menyalurkan dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp 300 juta, Selasa (11/5/2021) yang dilaksanakan di halaman Masjid Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

ZIS dana tersebut disalurkan kepada 1.124 orang penerima, diantaranya mulai dari keluarga fakir miskin,  anak yatim piatu, janda dan jompo. Selain itu, orang-orang yang berjuang di Jalan Allah, seperti imam masjid dan musala, marbot masjid dan musala, guru ngaji dan guru madrasah diniyah (Madin).

Utuk menghindari kerumunan masa, penerima langsung diarahkan menuju Koordinator RW atau dusunnya masing-masing. Selain itu, penerima wajib mematuhi protokol kesehatan. Karena Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sekretaris Lazisnu Ranting Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu Mujiyo Gadafi mengatakan, kegiatan ini merupakan penyaluran pertama dintahun 2021 yng dilangsungkan di akhir Ramadhan, agar bisa dinikmati para penerimanya untuk berlebaran.

“Dana tersebut dihimpun selama satu bulan. Yaitu dari muzaki (pemberi zakat) yang menyerahkan dana zakat, infak, dan sedekah ke Lazis NU Sarirejo. Terutama zakat mal atau zakat harta yang dimiliki dan zakat fitrah,” ujar Mujiyo Gadafi.

Lanjut Mujiyo, menurutnya dana ZIS dihimpun melalui masing-masing koordinator Lazis NU ditingkatan RW, kemudian diserahkan ke tingkat Lazis NU desa. Selanjutnya, dilakukan pendataan terhadap warga yang berhak menerima, baru kemudian dialurkan.

Kegiatan ini merupakan rutinan setiap tahun. Sehingga sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. selain itu, LazisNU juga memberikan laporan secara terbuka. Dimana setiap ZIS yang masuk telah disalurkan kepada warga Sarirejo dengan jelas penerima berdasarkan nama dan alamat. “Penerima by name by address. Sehingga pemberi ZIS percaya, karena dana ZIS yang terhimpun pasti kami salurkan dan bisa kroscek,” ungkap Sekretaris Lazisnu Ranting Desa Sarirejo.

Semenatara itu, Anggota Lazis NU Sarirejo,  Sutrisno mengatakan, untuk nominal uang yang diberikan kepada penerima ZIS terbagi dalam dua kategori. Yaitu kategori fakir miskin, yatim piatu dan jompo sebesar Rp 200 ribu, dan untuk  fisabilillah atau orang yang berjuang di jalan Allah SWT  besarannya Rp 300 ribu.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar