PC Pagarnusa Kendal Kuatkan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah

0
24

Kendal, Harianjateng.com  – Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Pagar NU dan Bangsa (Pagarnusa) Kabupaten Kendal mengadakan acara Halalbihalal, Minggu (06/06/2021) bertempat di Padepokan Pring Jagad Sukodono Kendal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PC Pagar Nusa Kendal, Masrur, Sekretaris Pagarnusa Kendal Muhyidin, Dandim Kendal, Letkol Inf. Iman Widhiarto, Danramil Kecamatan Kendal, Kapten Inf. Agus Sulistyo Protono.

Acara itu diikuti kurang lebih 70 orang pendekar perwakilan dari PAC Pagarnusa Kendal, yang berasal dari perguruan Gasmi, Kendalisodo, Harimau Putih, Garuda Bambu Runcing, dan Pasukan Inti (Pasti) Pagarnusa Kabupaten Kendal.

Acara diawali dengan pembacaan maulid dan atraksi dari para pendekar NU. Kepiawaian para pendekar NU dari berbagai perguruan diperlihatkan mulai dari permainan double stick, peragaan gerak seni, mematahkan kayu, memecah batu, hingga atraksi melumat bara api.

Dalam kegiatan itu, Ketua PC Pagarnusa Kendal, Masrur menyampaikan bahwa sebenarnya setiap PAC siap mengirimkan 500 pendekar untuk memeriahkan acara tersebut, namun dikarenakan masih dalam masa pandemi, maka setiap PAC hanya diperbolehkan mengirimkan 10 orang saja. “Meskipun acara ini sangat terbatas, tapi saya sangat mengapresiasi semangat para pendekar yang hadir untuk menjalin silaturrahim ukhuwah islamiah dan Ukhuwah wathoniah,” tuturnya.

Ketua PC Pagarnusa Kendal Masrur juga mengingatkan, bahwa sebentar lagi akan digelarnya kompetisi pencak silat Praporprov dan Kejurda dalam waktu dekat. Sehingga dirinya meminta para atlet untuk mempersiapkan diri menghadapi agenda besar tersebut.

“Saya berharap para pendekar dari Kendal dapat menjadi pemain terbaik yang menjunjung tinggi sportifitas dalam ajang tersebut,” terang Masrur.

Sementara itu, Dandim Kendal Letkol Inf. Iman Widhiarto dalam sambutannya mengatakan, tradisi pencak sangat bagus karena merupakan tradisi warisan asli Indonesia, dan dapat membuat jasmani dan rohani kita sehat. “Selain itu, ia  juga menyampaikan Pagarnusa dan TNI hampir sama, karena sama-sama menjaga bangsa Indonesia ini,” terangnya.

(Red-HJ99/HR)

Tinggalkan Komentar