Sosok Guru Ideal Seperti Koro Sensei Dalam Anime Assasionation Classroom

0
30
Oleh : Surya Bakti Manurung. Mahasiswa di Universitas Wahid Hasyim Semarang Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis.

Harianjateng.com- Sebelum mengenal siapa sih sosok Koro Sensei kita harus mendefinisikan apa yang termasuk dalam kategori sosok Guru yang ideal untuk menjadi tenaga pendidik, ada beberapa karakterisitik bahwa seorang guru dikatakan ideal, umumnya guru yang ideal adalah guru yang mampu menguasai materi, mampu menguasai kelas, menguasai wawasan yang luas, kreatif, inovati dan memeiliki karakter-karakter positif lainnya.

Di sini saya mendefinisikan 3 faktor utama sosok guru bisa dikatakan ideal yaitu:
a. Menggunakan model pembelajaran inovatif Guru ideal adalah sosok yang mampu memilih model pembelajaran yang inovatif untuk menjadikan para siswa bersemangat mengikuti pelajaran contoh penggunaaan alat-alat peraga yang bervariasi dan mengedepankan student-centered yang mana pembelajaran berpusat pada siswa bukan bersidat teacher-centered yang bersifat komunikasi satu arah dan didominasi oleh ceramah.
b. Memiliki semangat mengajar
Semangat mengajar adalah energi positif yanag akan terus mendorong guru tersebut menjadikan siswanya berhasil. Mengapa guru harus memiliki semangat mengajar ? Ketika sosok guru menjelaskan dengan semangat dan menyalurkan energi positif maka siswa akan ikut tertular energy positif tersebut dan menjadi semangat dalam menerima pelajaran, maka itu semangat mengajar harus melekat dalam didi tiap guru.

c. Menjadi teladan
Karna saya kuliah di Kota Semarang saya jadi mengenal beberapa ungkapan Jawa: Guru digugu dan ditiru .
Guru adalah cermin bagi siswa dan harus bisa menjadi sosok contoh yang baik bagi siswanya, untuk mewujudkannya memeang tidak mudah perlu banyak pengirbanan, baik dari segi materi, waktu, tenaga dan pikiran.
Lalu siapa sosok Koro Sensei ? bagi yang penasaran silahkan lihat animenya yang berjudul Assassination Classroom, anime bergenre action, comedy, dan school yang membuat para penikmat anime ini tidak akan bosan.
Sosok Koro Sensei adalan monster yang memiliki kemampuan bergerak dengan kecepatan 20 mach atau setara 24.696 km/jam artinya kamu bisa berpergian keseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa jam saja atau perjalanan dari Indonesia ke korea selatan kurang dari 20 menit dan dalam anime ini juga para murid diberikan misi pembunuhan untuk membunuh sang guru sebelum batas waktu yang ditentukan.

Koro Sensei berencana untuk menghancurkan bumi namun sebeleum dia akan menghancurkan bumi dia memiliki permintaan untuk mengajar anak-anak di SMP Kunigigaoka sekolah yang terkenal dan dia memilih kelas 3 E yang mana kelas ini diisi oleh orang-orang yang gagal dan terbelakang dari semua murid SMP yang mengakibatkan mereka masuk kekelas 3 E.
Saya tidak akan menceritakan spoiler yang panjang tentang alur animenya, tapi banyak hal yang sangat menarik dalam anime ini dan dalam pikiran saya menjadi sosok guru itu sangat mudah menjadi berubah ketika sudah selesai melihat anime ini.

Kenapa saya katakan sosok Koro Sensei ini adalah ideal untuk menjadi guru ? didalam anime ini koro sensei memperhatikan batasan-batasan pengetahuan dari murid-muridnya, seorang guru yang sangat cekatan dan dapat beradaptasi dengan berbagai macam jenis murid dan ia juga menanamkan etika yang baik pada murid muridnya.

Karakter fiktif ini menjadi sosok yang sangat ideal, dia dapat mengidentifikasi kemampuan dari tiap murid dan mampu memaksimalkan potensi murid dikelas maupun diluar kelas dan itu memang tidak segampang yang kita bicarakan, di satu sisi dia menjadi sosok yang sangat baik dan disisi lain bisa menjadi sosok yang tegas dan bijaksana tanpa menghilangkan nilai nilai humorisnya.

Terakhir Koro Sensei juga memberikan ilmu untuk bersikap dan bertahan hidup melawan persaingan yang terjadi di dunia luar nantinya, dia mendidik agar para muridnya memiliki kesadaran sendiri akan apa yang paling mereka butuhkan dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia bahkan kondisi tenaga pendidiknya ? Banyak permasalahan yang ada di dunia pendidikan yang ada di Indonesia ada beberapa yaitu:
a. Kurangnya ketersedian dana pendidikan.
b. Minimnya bahan belajar mengajar.
c. Rendahnya kualitas tenaga pendidik.
d. Tidak tersedia fasilitas yang memadai.

Menurut Global Education Monitoring (GEM) report 2016, mutu pendidikan di Indonesia menempati posisi ke 10 dari 14 negara berkembang, survey kemampuan peljar yang dirilis oleh Programme for international Student Assessment (PISA) pada Desember 2019 di Paris menempatkan Indonesia di peringkat ke 72 dari 77 negara.

Dana, fasilitas, dan properti pendidikan bagi saya penting tapi guru jauh lebih penting, agar pendidikan bisa mencapai esensinya bukan sebatas seremoni, karena faktanya memang sudah terlalu banyak diskusi dan seminar tentang teori-teori untuk memajukan pendidkan tapi sayangnya, kita terlalu sedikit bertindak untuk membenahi kompetensi dan mentalitas guru, bagi saya membenahi kompetensi dan mentalitas guru harus disegerakan karena bila kompetensi guru renda maka kualitas pendidikan juga ikut rendah.

Peningkatan mutu pendidikan itu akan tetap jadi halusinasi bila guru masih mengajar dengan cara-cara lama dan pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan sosok guru yang mendidik putra-putri bangsa ini.

Red-HJ99

Tinggalkan Komentar