Mahasiswi UNNES Ajari Pembuatan Hand Sanitizer Alami Kepada Anak Sekolah

0
2

Cilacap, Harianjateng.com– Melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan, seorang mahasiswi UNNES Reniasinta (20) membuat program kerja di Desa Karangtengah Cilacap tentang bagaimana membuat hand sanitizer dengan bahan dasar daun sirih.

“Kami telah berinovasi membuat Hand sanitizer pembersih tangan tanpa air mengalir serta praktis untuk digunakan, yang mana telah kita ajarkan kepada anak-anak sekolah yang dilaksanakan secara offline di rumah Ketua RT 3 RW 12, pada 10 Nomber kemarin,” ujarnya Reniasinta, Jumat (5 /11/2021) saat ditanya oleh awak media.

Adapun anak yang sudah diajarkan membuat hand sanitizer alami dengan bahan daun sirih, diantaranya Shehful (13), Rizky (12), dan Danish (11).

Lanjut Reniasinta, kasus Covid-19 harus tetap diwaspadai, sehingga perlu diterapkan protokol kesehatan. Saat ini di Kabupaten Cilacap masih terdapat puluhan kasus positif aktif Covid-19 per 28 Oktober kemarin.

“Mencuci tangan pakai sabun terbukti efektif mencegah penularan Covid-19, karenanya kebiasaan baik mencuci tangan harus selalu ditingkatkan. Oleh karena itu, menyediakan cuci tangan yang inovatif sangat diperlukan,” tambahnya.

Pihaknya juga mengaku, telah melakukan penyuluhan terkait protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat setempat memanfaatkan potensi sumber daya daun sirih di lingkungan Desa Karangtengah dan mampu menciptakan produk hand sanitizer alami non alkohol, sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19,” harap Reniasinta.

Red-HJ99

Tinggalkan Komentar