Jelang Nataru 2021 Bahan Pokok Naik, Pelaku UMKM Katering Mengeluh

0
58

Jepara, Harianjateng.com– Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah mengeluarkan kebijakan yang sedikit melonggarkan pembatasan bagi masyarakat karena penurunan kasus Covid-19. Hal tersebut membuat pendapatan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) katering kembali seperti semula, nanun terdapat kemdala karena naiknya harga bahan pokok.

 

Sebut saja Ibu At pemilik Yeni Jaya yang merupakan salah satu pelaku UMKM katering di Jepara yang mengalami dampak dari hal tersebut. Sejak pandemi berlangsung, Yeni Jaya hampir tidak menerima pesanan karena diberlakukannya PPKM, sehingga tidak ada acara yang membutuhkan jasanya.
“Sebelum adanya pandemi, dalam sebulan kita bisa menerima 15 sampai 20 pesanan, tapi sejak pandemi turun jadi 5 pesanan saja.” ucap Ibu At, pemilik Yeni Jaya. (13/12/21).

Lebih lanjut At Yeni Jaya menyampaikan, “setelah adanya kebijakan baru oleh pemerintah, Yeni Jaya kembali mendapatkan pesanan seperti sedia kala. Jelang Natal dan akhir tahun yang penuh dengan kegiatan membuat pesanan makanan melonjak. Namun, hal ini tidak bertahan lama karena saat ini justru bahan pokok mengalami kenaikan harga”.
Menurut At Yani Jaya, pihaknya tidak mungkin menaikan harganya, karena takut nanti terlalu mahal, sehingga ia mengaku serba salah.

Ia juga mengungkapkan, harga cabai kini dibandrol mulai Rp 45.00/Kg yang naik cukup tinggi dari harga kemarin. Bukan hanya harga cabai, namun kenaikan juga terjadi pada minyak, telur dan beberapa bahan pokok lainnya. Kenaikan ini cukup berdampak bagi semua orang, termasuk pada Yeni Jaya yang berkecimpung pada dunia makanan.

Sumanah salah satu pedagang bahan pokok yang ada di Pasar Daren mengungkapkan, banyak pembeli yang mengeluh dengan naiknya harga bahan pokok. Selain itu, ia juga ikut bingung harus menentukan harga yang sesuai.

“Saya ikut harga pasarannya aja, sebenarnta saya juga ikut sedih dengan naiknya harga bahan pokok,” kata Sumanah.

Dengan adanya kenaikan harga bahan pokok, Ibu At berharap agar harga bahan pokok bisa segera turun, sehingga tidak perlu menaikan harga kateringnya.

Red-HJ99/ AY