Kepala SDN Bulustalan Sampaikan Studium General di UNIMMA

0
101

Semarang, Harianjateng.com – Pelaksana Tugas Kepala SD Negeri Bulustalan, Kota Semarang Dian Marta Wijayanti berkesempatan didapuk menjadi narasumber Studium Generale FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) pada Senin (30/5/2022).

 

Perempuan kelahiran Blora itu menyampaikan materi bertajuk “Strategi Guru Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Climate) yang Efektif dan Berkualitas dalam Pembelajaran”.

Dian yang juga Fasilitator Daerah Tanoto Foundation itu mengatakan bahwa Ki Hajar Dewantara telah memberikan konsep terkait dasar pendidikan yaitu menuntun. “Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat,” kata Dian.

“Manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya lahir atau batin tidak tergantung kepada orang lain, akan tetapi bersandar atas kekuatan sendiri. Maksud pengajaran pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama ialah memerdekakan manusia sebagai bagian dari persatuan (rakyat), demikian kata Ki Hajar Dewantara,” lanjut Pengajar Praktik Guru Penggerak tersebut.

Dijelaskan pula, bahwa iklim belajar (student climate) dipengaruhi lingkungan kelas (classroom environment), lingkungan belajar (learning environment), dan iklim lingkungan sosial (social climate). “Jadi, iklim belajar adalah suasana di dalam kelas yang diciptakan oleh guru,” bebernya.

Pihaknya juga berbagi tiga cara sederhana untuk menciptakan atmosfer kelas yang positif. “Pertama, selalu menyambut siswa di pintu kelas dengan senyum. Kedua, selalu mengajak siswa bergerak di dalam kelas. Ketiga, mintalah siswa memberikan reflesi di akhir pembelajaran,” kata penulis buku Guru SD Zaman Now tersebut.

Sedangkan untuk membangun kondisi kelas yang positif, ia juga membagikan beberapa tips. Pertama, kelas harus memiliki aturan dan kesepakatan kelas yang jelas. Kedua, siswa diberi kesempatan bergerak. Ketiga, siswa bergiliran memindahkan icon pada kolom “to do” ke kolom “selesai”.

Selain Dian, Studium Generale juga diisi oleh narasumber lain yaitu Guru Besar Administrasi Pendidikan Dasar dan Ketua LDP UPI Prof. Udin Syaefudin Sa’ud, M.Ed, Ph.D.

Red-HJ99/HI