Ida Budhiati: Panwaslu Kecamatan Harus Jaga Integritas Pemilu

0
85

Kendal, Harianjateng.com-  SDM Panwaslu Kecamatan baru saja  terbentuk, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal langsung bergerak cepat mengelar konsolidasi untuk menguatkan jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kendal, Sabtu (5/11/2022) di Hotel Sae Inn Kendal, Jawa Tengah.

Acara Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kabupaten dan Pengawas Ad-Hoc ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI 2012-2022 Ida Budhiati dan Anggota Bawaslu Jateng 2017-2022, Sri Sumanta.

Dalam acara tersebut, Ida menyampaikan, integritas Pemilu dapat diraih bila dilaksanakan sesuai prinsip. “Pemilu yang baik bisa terwujud melalui penyelenggara Pemilu, termasuk pengawas yang patuh prinsip pada penyelenggaraan Pemilu,” katanya di hadapan seluruh anggota Panwaslu Kecamatan dan kepala sekretariat se-Kabupaten Kendal.

Lebih lanjut Ida mengatakan, prinsip penyelenggaraan pemilu yang dimaksud adalah merujuk Peraturan DKPP No. 2 Tahun 2017, yaitu mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsional, profesional, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibilitas.

Sementara Sri Sumanta dalam kesempatan itu mengingatkan pentingnya menjaga PIN Pengawas. “Kawan-kawan semua, ingat selalu PIN pengawas. Apa itu? Profesionalitas, integritas dan netralitas,” tuturnya.

Usai penyampaian materi dari para narasumber, acara dilanjutkan dengan deklarasi oleh seluruh peserta Pengawas yang menyatakan “Panwaslu Kecamatan Bergerak Awasi Pemilu 2024”.

Red-HJ99/Aya