Kepala LKPP RI Sosialisasikan ke Pemkab Kendal Tentang Pengadaan Barang/Jasa Melalui E-katalog

0
38

Kendal, Harianjateng.com- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Kabupaten Kendal, Jumat (18/11/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jawa Tengah.

Dalam kunjungan hadir secara langsung Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi beserta rombongan, dan disambut baik oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto beserta dengan Sekda Kendal, Sugiono beserta para Kepala OPD terkait.

Dalam acara itu, Hendrar Prihadi mengatakan, proses pengadaan barang/ jasa lewat e-katalog, waktu bisa menjadi efisien. Karena proses pelelangan yang biasanya memakan waktu hingga 45 hari, maka dengan e- katalog, akan lebih cepat.

Hendrar Prihadi juga mengatakan, bahwa menggunakan e- katalog pelaku lelang tinggal mengeklik saja aplikasinya dan tidak membutuhkan waktu lama. Namun ia meminta agar sebelumua dijelaskan secara detail, sehingga  tidak menimbulkan keraguan bagi peserta lelang.

“Saya sangat memahami, bahwa beberapa daerah, umumnya mereka atau peserta lelang belum juga paham tentang e- katalog secara detail. Umumnya mereka ragu dengan nilai yang kadang- kadang tidak sesuai dengan nilai pasar,” ujar Kepala LKPP RI.

Lebih lanjut, Hendar Prihadi menjelaskan, ada mini kompetisi, di situ bisa diambil harga yang  paling rendah, dan waktunya tidak se lama seperti waktu proses lelang.

Disiai lain, Hendrar mengungkapkan, Kabupaten Kendal termasuk pemerintah yang cepat merespon e- katalog. Hal itu rerbukti, saat ini sudah memiliki e- katalog lokal, dan proses pengadaan lewat katalog nasional juga ada.

“Pesan saya, ini harus dioptimalkan. Karena perputaran uang APBD yang beredar di daerah tersebut, membuat daerah lebih cepat berkembang dan lebih sejahtera masyarakatnya,” tutur Hendrar.

Sementara itu,
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyampaikan, Kabupaten Kendal memiliki 57 orang pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran di 57 organisasi perangkat daerah (OPD).
Selain itu, juga 17 orang fungsional pengadaan barang dan jasa, selaku unit kerja pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kendal.

“Kami berharap, pengadaan barang dan jasa yang ada di Kabupaten Kendal ini bisa melewati LKPP atau e-katalog sehingga  penyerapannya bisa lebih tinggi lagi,” ujar Bupati Kendal.

Red-HJ99/Aya