Gerai Starbucks Reserve Pertama di Yogyakarta

0
22

Yogyakarta, Harianjateng.com- Di lantai dasar Pakuwon Mall Jogja, gerai Starbucks Reserve di kota ke-8 di Indonesia ini hadir untuk menyambut para penikmat kopi di Kota Pelajar di pertengahan bulan November tahun ini. Gerai Starbucks Reserve Pakuwon Mall Jogja akan menyajikan pilihan kopi terlangka dan paling luar biasa yang ditawarkan Starbucks.

 

“Yogyakarta adalah kota yang spesial bagi Starbucks di Tanah Air, bukan hanya karena karakteristik atau demografinya, melainkan juga karena gaya hidup para penikmat kopi yang semakin menggeliat di sini. Dan memilih kota ini sebagai lokasi gerai Starbucks Reserve yang ke-18 di Indonesia untuk menutup manis tahun 2022 merupakan langkah strategis yang esensial bagi kami dan juga bagi para pelanggan kami yang sudah tak sabar untuk mengeksplorasi kopi bersama barista-barista terlatih kami di gerai ini,” ungkap Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia, Sabtu (19/11/2022).

Ia juga menyampaikan, bahwa Gerai Reserve sendiri sangatlah spesial bagi Starbucks karena di sini kami mendorong batasan keterampilan para barista, mengembangkan teknik-teknik yang unik dalam menikmati kopi sebelum akhirnya bereksperimen dengan kopi sebagai bentuk seni — lewat teknik menyeduh, aging, infusing, dan memadukannya menjadi kreasi yang imajinatif dan seringkali mengejutkan.

“Starbucks sendiri sudah memulai perjalanannya lebih dari 40 tahun yang lalu agar kopi arabika premium dapat diakses oleh semua orang sambil mengembangkan budaya hubungan antar-manusia. Starbucks Reserve adalah sebuah komitmen untuk mendorong lebih jauh lagi, menjelajahi dunia untuk biji yang paling luar biasa sambil mengembangkan pengalaman kedai kopi menjadi sesuatu yang mengejutkan dan multi-sensory,” terang Anthony.

Yogyakarta dikenal sebagai sentra batik klasik Jawa yang dominan menggunakan warna coklat, biru indigo, hitam dan krem, begitu pula dengan gerai seluas 345m2 ini yang didominasi warna yang sama. Coklat melambangkan keberanian untuk aktif bekerja dan biru indigo berarti kesetiaan, seperti bagaimana Starbucks melayani pelanggannya. Selain itu, coklat dan biru juga melambangkan perjalanan biji kopi. Kapasitas gerai ini sendiri memiliki 142 tempat duduk, 1 community table serta area outdoor yang semi-terbuka memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk menikmati gerai dari sudut manapun.

Reserve Bar yang mewah juga akan menyambut pelanggan dengan desainnya yang mencolok dan berbagai peralatan menyeduh kopi dengan teknik berbeda, memungkinkan pelanggan untuk bisa berinteraksi lebih dalam dengan para Coffee Master di gerai ini. Lebih lanjut Antony menambahkan, “Ini semua tentang menghubungkan orang-orang melalui kopi dan Yogyakarta adalah kota kritis yang memiliki banyak komunitas pecinta kopi. Kami ingin hadir di tengah komunitas untuk lebih dalam membicarakan hal ini dan akan memperkenalkan pengalaman baru yang merayakan koneksi melalui kopi.”

 

Salah satu pengalaman unik yang ditawarkan di gerai Reserve adalah Master Class yang bisa diberikan oleh para barista kepada pelanggan yang ingin mengenal dan menikmati kopi lebih dalam. Di sini para Coffee Master bisa secara langsung memberikan kelas seperti berbagai sejarah dasar tentang kopi, teknik menyeduh kopi atau brewing hingga latte art. Kelas interaktif ini akan menawarkan pengalaman unik yang berfokus pada interaksi pelanggan dengan barista, dan tentunya kopi.

Sejak pembukaan gerai pertama di Plaza Indonesia 20 tahun lalu, Starbucks telah berekspansi ke 44 kota hingga akhir tahun 2022 termasuk 18 gerai Starbucks Reserve di seluruh Indonesia, dengan lebih dari 4.300 mitra yang bangga mengenakan apron hijau. Dan hari ini, perusahaan menawarkan banyak cara bagi pelanggan untuk terhubung dengan keluarga dan teman-teman mereka melalui secangkir kopi Starbucks berkualitas tinggi.

Dalam misinya untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan sendiri berusaha untuk menciptakan dampak positif dalam komunitas yang dilayaninya. Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertama di lingkungan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan peluang pendidikan bagi kaum muda di Tanah Abang, diikuti oleh Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) dalam mendukung pemberdayaan kaum muda. Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup. Dan sebagai apresiasi kepada para responden garis depan wabah Covid-19, lebih dari 50.000 cangkir minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi.

Red-HJ99/